Lembah Harau

Ragam ulasan menarik mengenai lembah harau ada disini: ✓ lokasi ✓ geografis ✓ objek wisata ✓ penginapan ✓ dan info menarik lainnya untuk liburan berkesan Anda.


Salah satu objek wisata terpopuler di Bukit Tinggi adalah Lembah Harau. Hanya dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam, anda dapat mencapai objek wisata yang satu ini menyajikan pemandangan menakjubkan.

Benar saja karena mata anda akan dimanjakan dengan deretan air terjun nan indah dan pemandangan hijau.

Seputar Wisata di Lembah Harau

Arti ‘Harau’ adalah ‘parau’, yang dalam bahasa lokal dimaknai dengan suara serak. Terdapat pula wilayah Lembah Harau dengan ketinggian cukup tinggi yakni 80 sampai 300 meter.

Pagar tebingnya cukup cadas curam dan lurus, sementara menyajikan warna kemerah-merahan. Pemandangan demikian sangat instagramable dan sempurna ditangkap dari lensa kamera.

Objek Wisata

Air Terjun

Salah satu air terjun yang terkenal di sanabernama Sarasah Aie Luluih. Dimana aliran airnya mengalir dan melewati dinding bebatuan.Sementara dibawahnya terdapat pot kolam yang dijadikan tempat permandian alamiyang sangat asri.

Air terjun lainnya bernama Sarasah Murai. Uniknya ketika siang hari banyak ditemukan burung murai yang mandi sembari memadu kasih. Dari sinilah masyarakat menyebutkan air terjun ini “Sarasah Murai”.

Lokasi Lembah Harau

Alamatnya: Nagari Harau, Kec. Harau, Harau, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271

Bagi Anda yang dari Kota Padang jarak ke lembah harau sekitar 138 km. Sementara bila dari Kota Bukittinggi sekitar 47 km.

Sementara itu, bagi Anda yang dari Pekanbaru jarak ke lembah harau sekitar 180an km.

Resort di Lembah Harau

Lembah Harau berdiri diatas cagar alam denganluas 669 hektar. Memiliki tiga kawasan wisata yang sangat menarik yaitu ResortSarasah Bunta, Resort Aka Barayu, dan Resort Rimbo Piobang. Masing-masinglokasi resort ini menyajikan keindahan tersendiri.

Resort terbaik adalah Resort Aka Barayun menyajikankeindahan air terjun dengan kolam renang alami. Didukung oleh nuansa alam yangmasih asri. Sangat berpotensi bagi pengembangan olahraga panjat tebing, sebabbentuk wilayahnya terdiri dari bukit batu nan terjal. Ditempat tersebutpengunjung dapat mendengar pantulan suaranya sendiri.

Disana terdapat dinding bebatuan yang curam,sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi para fotografer. Berbeda denganpemanjat tebing lebih tertarik memanjat dinding lembah karena memiliki kebihdari 300 lokasi untuk memanjat tebing.

Di tempat lain pagar tebing cadas yangberbentuk curam menciptakan relief sangat cantik dan menantang untuk melakukan olahragapanjat tebing. Sudut kecuraman tebingnya sendiri mencapai 90 derajat danketinggian antara 150 sampai 200 meter. Sehingga tidak salah jika banyakditemui pecinta olahraga panjat tebing ketika berwisata di sana.

Geografis

Ciri khas utama dari Lembah Harau adalah tujuhair terjun yang sangat jernih dan indah. Adapun air terjun tersebut diantaranyaadalah Sarasah Donat, Aka Barayun, Sarasah Boenta, Sarasah Murai, SarasahTalang. Masing-masing ketinggian air terjun ini berbeda-beda sekitar 50 sampai 90meter.

Aliran airnya berasal dari atas jurang danmembentang sepanjang Lembah Harau. Sementara, bentuk lembahnya sendiri sangatunik yakni berupa patahan turun dan balok yang menurun serta membentuk lembah.

Anda dapat melihat tanda-tandanya dan letakdari patahan yang sangat alami tersebut yang terhubung dengan air terjun. Artinyasejak dulu ditemukan sungai setelah melewati proses kimia maka terpotong danmembentuk patahan.

Ditinjau dari segi geologi, batuan yang beradadi Lembah Harau memiliki usia cukup tua antara 30 sampai 40 juta tahun. Batuan setuaini memiliki bentuk sangat halus yang berupa serpihan dengan ukuran butirannyalebih kecil dibandingkan pasir 1/16 mm. Banyak yang menyebut struktur batuanini organic carbon yaitu batuan berasal dari bentukan sisa organisme.

Keunikan Lainnya

Keunikan dari objek wisata yang satu iniadalah memiliki medan panjat tebing yang menantang. Pasalnya, dilihat daribentuk fisik Lembah Harau yang dikepung wilayah tebing terjal, sehingga sangatcocok dibentuk sebagai panjat tebing. Adapun keterjalan tebingnya memilikiketinggian melebihi 100 m.

Faktanya objek wisata satu ini banyakdigandrungi wisatawan domestik hingga mancanegara. Dapat dikatakan cukuppopuler di dunia pariwisata internasional. Selain itu, dilengkapi pula denganfasilitas panjat tebing yang cukup memadai dan aman. Ditangani juga dengan paraprofesional sehingga meskipun tergolong ekstrim tetapi layak untuk dicoba.

Lembah Harau tidak hanya menyajikan air terjundan tebing tinggi saja. Tetapi, pengunjung dapat menemukan jalur pendakian ke puncakperbukitan. Ketinggian yang akan dicapai lebih dari 100 m. Bagi wisatawan yangberkunjung ke sana dapat mengambil jasa warga lokal sebagai tour guide karenajalur yang tergolong baru dan masih asri.

Setara Keindahan Lembah Yosemite

Lembah Harau beriklim tropis dengan tingkat kesuburan tanah yang baik dan pemandangan alam sangat menawan. Banyak yang menjuluki objek wisata Harau sebagai Lembah Yosemitenya Indonesia. Sebab, keindahan yang disajikan serupa dengan Taman Nasional Yosemite yang ditemukan di Sierra Nevada, California.

Penginapan di Lembah Harau

Bagi Anda yang ingin menginap di lembah harau, baik untuk liburan, reunian, atau kegiatan lainnya Anda bisa memilih Puti Sari Banilai Homestay. Penginapan yang murah, nyaman, dan view-view yang Indah.

Berikut ini adalah layanan yang kami berikan: Lihat Fasilitas.

Sementara, berikut ini adalah galeri foto kegiatan yang ada di penginapan kami: Galeri Foto.


Itulah pembahasan singkat mengenai lembah harau. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Leave a Comment