Ngarai Sianok

Nikmati asiknya wisata alam dengan view lembah hijau serta persawahan dari ngarai sianok. Cocok untuk liburan keluarga & edukasi anak Anda. Ini ulasannya:


Ngarai Sianok merupakan salah satu objek wisata yang patut dikunjungi jika Anda melintasi Bukittinggi, Sumatera Barat. Adapun keindahan dari lembah cantik ini populer hingga ke mancanegara, bahkan keindahannya pun hampir menyaingi Grand Canyon di Amerika Serikat.

Ngarai Sianok mempunyai kedalaman sekitar 100 meter dan panjang kurang lebih 15 km dengan lebar 200 m.

Perlu Anda ketahui bahwa Ngarai Sianok terbentuk karena adanya pergerakan lempeng bumi.

Patahannya terbentuk memanjang dan juga berkelok-kelok dari selatan ngarai Koto Gadang hingga nagari Sianok Anam Suku dan berakhir di Palupuh. Berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai Ngarai Sianok di Sumatera Barat.

Ngarai Sianok: Wisata Lembah Cantik di Bukittinggi

1. Lokasi Ngarai Sianok

lokasi ngarai sianok
lokasi ngarai sianok

Ngarai Sianok merupakan sebuah lembah curam (jurang) yang berlokasi di perbatasan kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lembah cantik nan indah ini memanjang dan berkelok-kelok dan dikenal sebagai garis batas kota dari selatan ngarai Koto Gadang hingga nagari Sianok Anam Suku, dan berakhir di kecamatan Palupuh.

Ngarai Sianok mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menjadi salah satu objek wisata yang dibanggakan oleh Sumatera Barat.

2. Cara Menuju Ngarai Sianok

Ngarai Sianok adalah mempunyai pemandangan yang sangat indah dan juga merupakan salah satu objek wisata utama yang ada di provinsi ini. Ada banyak cara untuk bisa menuju ke tempat ini.

Pertama, jika Anda berangkat dari bandara internasional Minangkabau, Anda dapat menaiki mobil sewaan (carter) atau minibus dengan rute Padang-Bukittinggi menuju ke Bukit Tinggi. Dimana jarak antara Kota Padang dan Bukit Tinggi yakni sekitar 90 km.

Adapun letak Ngarai Sianok sendiri sekitar 1 km di sebelah barat daya Bukittinggi. Para pengunjung umumnya dapat menaiki mobil pribadi atau sado / andong dari pusat kota ke Panorama Park yang berlokasi di Panorama Street sembari menikmati cuaca yang sejuk di Bukittinggi.

Apabila Anda berencana untuk mengunjungi lembah yang indah ini, sebaiknya Anda manfaatkan layanan jasa agen wisata terutama apabila Anda hendak menjelajahi Sumatera Barat. Selain Ngarai Sianok, Anda juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang ada di Bukittinggi atau Sumatera Barat. Anda juga bisa menggunakan layanan atau paket wisata yang ada di Sumatera Barat.

3. Keistimewaan Ngarai Sianok

Surganya Flora dan Fauna Liar

Pada bagian dasar Ngarai Sihanok, selain aliran sungai Batang Sianok yang tampak jernih dan terdapat aneka tumbuhan yang subur membentuk hutan. Adapun kawasan ini menjadi lokasi yang aman bagi satwa dan fauna liar yang hidup bergantung dengan alam. Adanya satwa dan fauna liar ini seakan melengkapi keindahan Ngarai Sianok.

Ada sebagian satwa liar yang dapat dijumpai di sepanjang aliran Batang Sianok diantaranya Siamang atau monyet ekor panjang, tapir rusia, rusa, macan tutul dan babi hutan.

Selain satwa, di Ngarai Sianok juga banyak terdapat flora yang tumbuh beraneka jenisnya. Keistimewaan lain dari Ngarai Sianok yaitu banyak terdapat tumbuhan Raflesia yang bisa dijumpai di tempat ini. Bahkan tumbuhan yang memiliki manfaat untuk obat-obatan juga banyak dijumpai.

Menikmati Hamparan Ngarai Sianok

Selain banyak terdapat flora dan fauna, Anda juga bisa melihat dan mengagumi bentang alam Ngarai Sianok melalui dua titik lokasi. Dimana lokasi pertama yaitu Taman Panorama yang terdapat di tengah kota Bukittinggi. Disini Anda bisa melihat keindahan Ngarai Sianok dari ketinggian. Tak hanya pemandangan tebing yang curam, lekukan aliran Batang Sianok yang dikelilingi hijaunya hutan juga bisa Anda nikmati sembari mendengar alunan suara burung-burung liar yang bebas beterbangan, tentu menambah kesempurnaan keindahan objek wisata ini.

Apabila Anda masih belum puas,  Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju lembah. Namun, untuk menuju ke lokasi ini, Anda perlu sedikit perjuangan yaitu melintasi jalan menurun terjal. Akan tetapi, jangan khawatir, semua itu tentu akan terbayarkan setelah Anda bisa melihat indahnya Ngarai Sianok dari bawah dan menikmati udara segar hutan serta suara gemercik air sungai.

4. Jam Buka dan Tutup Ngarai Sianok

Seperti yang Anda ketahui, objek wisata tentu memiliki jam buka dan tutup yang berbeda. Sama halnya dengan destinasi yang ada di Kota Bukittinggi.

Ngarai Sianok sendiri memiliki jadwal buka yaitu mulai dari pukul 09.30 WIB – 17.30 WIB. Untuk harga tiketnya cukup terjangkau yaitu hanya Rp 10.000 per orang pada hari biasa.

5. Wisata Terdekat Lainnya di Ngarai Sianok

Berlokasi dekat dengan kawasan Bukittinggi menjadikan lembah ini cukup strategis dekat dengan objek wisata lainnya yang juga ada di Bukit Tinggi. Beberapa contoh objek wisata terdekat lainnya yaitu Jam Gadang Bukit Tinggi, Goa Jepang, Puncak Lawang, Koto Gadang, Jenjang Seribu, Jembatan Limpapeh, Aeera Kemilau Wisata, dan lain sebagainya.

Adapun bagi Anda yang sedang berkunjung ke Sumatera Barat, khususnya Bukit Tinggi, jangan lewatkan untuk singgah ke lembah cantik dan megah ini.


Tertarik?

Yuk, segera ke ngarai sianok!

Leave a Comment