Batang Tabik

Ini ulasan mengenai destinasi wisata air alami Batang Tabik di dekat Payakumbuh dan 50 Kota, Sumatera Barat. ✓ air jernih ✓ alami ✓ luas ✓ menyenangkan.


Tentu Anda masih sedikit asing mendengar nama Batang Tabik, bukan? Ya, objek wisata yang satu ini memang sangat terkenal di kalangan masyarakat Payakumbuh, Kabupaten 50 Kota dan sekitarnya.

Namun, jika Anda sering berkunjung ke Sumbar tentu sudah tahu tempat ini. Adapun air dari Batang Tabik ini digunakan PDAM untuk menyuplai kebutuhan warga kota Payakumbuh.

Batang Tabik ini dibuat sebagai pemandian umum. Uniknya, pemandian ini memiliki tiga buah kolam diantaranya kolam untuk anak-anak, dewasa, dan juga kolam ‘ibu’. Kabar baiknya, saat ini pihak pemandian sedang membangun beberapa kolam lainnya yang cukup besar.

Batang Tabik: Wisata Pemandian Air Alami di Sumatera Barat

1. Lokasi Batang Tabik

Perlu Anda ketahui bahwa Batang Tabik merupakan nama dari sebuah Jorong di Kenagarian Sei Kamuyang, Kecamatan Luak, Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat. Adapun letaknya berjarak kurang lebih 5 km dari kota Payakumbuh, yakni di pinggir jalan raya menuju Lintau.

Adapun diberi julukan tersebut karena sesuai dengan kondisi wilayahnya. Memiliki mata air yang “Tabik” atau terbit dari dalam tanah, lalu dibendung sehingga menjadi sebuah kolam dan dinamakanlah Batang Tabik. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, air Batang Tabik ini bersumber dari Danau Singkarak. Selain itu, objek wisata ini juga dikelola oleh Kerapatan Adat Nagari (KAN) di daerah batang tabik.

Lokasi ini sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda sebagai pemandian utama di Kabupaten Lima Puluh Kota. Dimana mata airnya mengalir terus tanpa henti. Tidak dipengaruhi oleh faktor musim, baik itu kemarau maupun penghujan.

2. Jam Operasional

Untuk menikmati keindahan dan sejuknya air pemandian di Batang Tabik ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 5-10 ribu rupiah. Sedangkan, untuk jam operasionalnya Anda bisa datang berkunjung mulai pukul 1 siang hingga 5 sore. Namun, khusus hari kamis, tempat ini akan tutup. Sementara pada hari jumat akan buka kembali mulai dari pukul 8 pagi hingga pukul 12 siang dan lanjut pada pukul 1 siang hingga 5 sore.

3. Keistimewaan Batang Tabik

Keistimewaan dari pemandian Batang Tabik ini ialah memiliki 3 kolam renang yang dihubungkan dengan selokan-selokan kecil yang sengaja dibuat dan disesuaikan dengan kegunaannya, diantaranya:

  • Kolam pertama biasanya digunakan bagi anak-anak balita yang tentunya harus dibawah pengawasan oleh orang tuanya.
  • Kolam kedua, dimana merupakan kolam standar yang biasa digunakan untuk perlombaan renang dengan kedalaman maksimal hingga 3 meter.
  • Kolam ketiga merupakan kolam yang terbentuk akibat keluarnya mata air langsung dari pohon beringin. Air yang langsung keluar dari mata airnya sehingga kolam ini terasa lebih sejuk dan dingin dibandingkan kedua kolam lainnya.

Tak hanya airnya yang sejuk dan juga jernih, kolam ini juga memiliki ikan-ikan yang hidup didalamnya. Selain itu, pemandian Batang Tabik ini juga menyajikan keindahan alam yang sangat elok dengan tampilan hamparan sawah disekelilingnya, serta udara yang segar nan sejuk dengan populasi pohon beringin yang besar-besar menjadikan tempat keluarnya mata air. 

Adapun fasilitas penunjang lainnya yang juga tersedia di Batang Tabik ialah seperti ruang ganti pakaian, musholla dan juga toilet. Selain itu, jika Anda kelaparan atau merasa haus, jangan khawatir, terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai menu makanan dan minuman.  

Bagi Anda yang ingin berwisata ke tempat yang indah, sejuk, segar serta alami, pemandian Batang Tabik ini memang bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

4. Cara ke Batang Tabik

Ada banyak cara untuk bisa mencapai tempat wisata Batang Tabik yang terletak di Sungai kamuyang, luak, kota Payakumbuh, Lima puluh kota, Sumatera Barat ini.

Dimana cara menuju ke Batang Tabik ini Anda hanya perlu mobil dengan performa prima dan juga sopir yang benar-benar handal dalam berkendara. Oleh sebab itu, Anda bisa menghubungi biro perjalanan yang ada di daerah Padang dan sekitarnya. Karena mereka menyediakan fasilitas sewa mobil dan juga sewa bus dengan harga yang terjangkau serta armada yang bersih dan wangi.

Apabila Anda berangkat dari Tugu Adipura, maka Anda bisa berkendara menuju ke arah Jembatan Ratapan Ibu. Lalu, ikuti jalan tersebut. Jika Anda sudah sampai di Masjid Raya Batang Tabik, perlahankan kendaraan, hal ini karena Anda harus berbelok ke kanan menuju ke objek wisata.


Demikianlah ulasan mengenai pemandian batang tabik, semoga bermanfaat!

Leave a Comment