Kelok 9

Ulasan mengenai kelok 9 sebagai destinasi wisata keren dan asri di Sumatera Barat: ✓ view bagus ✓ lokasi ✓ cara ke kelok 9 ✓ keistimewaan ✓ spot foto ✓ video.


Di kawasan Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat terdapat satu ruas jalan yang sangat populer.

Posisinya terletak sekitar 30 kilometer sebelah timur Kota Payakumbuh. Apa itu? Ya, salah satu ikon Sumatera Barat yang unik yaitu Kelok 9.

Adapun jalan ini membentang sejauh kurang lebih 300 meter di Jorong Aie Putiah dan menjadi penghubung Lintas Tengah Sumatera dan juga Pantai Timur Sumatera.

Kelok 9: Wisata yang Wow di Sumatera Barat

1. Lokasi Kelok 9

lokasi kelok 9
lokasi kelok 9

Kelok 9 atau Kelok Sembilan merupakan ruas jalan berkelok yang berlokasi di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat menuju Provinsi Riau.

dapun jalanan ini membentang sepanjang 300 meter di Jorong ulu air, Nagari harau atau kenagarian persiapan ulu air, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat dan juga merupakan bagian dari ruas jalan penghubung Lintas Tengah Sumatra dan juga Pantai Timur Sumatra.

Uniknya, jalan ini mempunyai tikungan yang tajam dan lebar sekitar 5 meter serta berbatasan dengan jurang, dan juga diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau.

2. Cara ke Kelok 9

Perlu Anda ketahui bahwa cara menuju Kelok 9 cukup mudah. Dimana Kelok 9 ini merupakan jalan yang menghubungkan antara Provinsi Sumatera Barat dengan Provinsi Riau.

Di sepanjang jalan, nantinya Anda akan sering menjumpai bus dan juga truk lintas provinsi.

Namun, tak perlu cemas, karena sepanjang perjalanan Anda akan menyaksikan keindahan panorama alam yang bagus, seperti persawahan serta jajaran perbukitan.

3. Keistimewaan Kelok 9

Adapun keistimewaan dari Kelok 9 yang dikenal sebagai jalan dengan tikungan yang tajam ini cukup banyak. Dimana nama Kelok 9 sendiri merujuk pada sebuah jalan yang berkelok-kelok. Jalan tersebut juga banyak dilalui oleh para pengendara.

Berikutnya, keunikan dari Kelok 9 ialah terletak pada bagian tengah jembatan, dimana telah dibangun sebuah groundsill yang bertujuan untuk mencegah terjadinya degradasi dasar sungai serta diharapkan mampu mengurangi kecepatan air sebagai perlindungan bangunan. Adapun area groundsill ini juga dikenal sebagai tempat wisata baru yang juga ada disana.

Bentuk groundsill ini sendiri seperti sebuah kolam. Dimana pada bagian pinggirnya tersedia tempat untuk masyarakat yang ingin menikmati panorama alam yang sejuk sembari mengambil foto keindahan jembatan di Kelok 9. Tak hanya itu, disana juga tersedia taman bermain anak-anak. Jika Anda ingin mencicipi makanan khas setempat, disana juga ada terdapat beberapa warung tradisional.

Kelok 9 ini merupakan salah satu karya anak bangsa yang mengusung konsep green construction dan yang paling membanggakan lagi ialah menggunakan produk-produk dalam negeri. Hal ini memang patut dibanggakan.

Selanjutnya, usia Kelok 9 yang jauh lebih tua dari usia negara Indonesia. Ya, memang cukup istimewa, jembatan Kelok 9 ini memiliki usia yang lebih tua dibandingkan Negara ini. Adapun Kelok 9 sudah dibangun pada masa Kolonial Belanda, yaitu sejak tahun 1910 dan kurang lebih 104 tahun jauh lebih tua dibandingkan dengan kemerdekaan Indonesia.

Namun, dibalik usianya yang tua bukan berarti konstruksi bangunannya juga tua. Adapun sudah terlaksana pembangunan ulang Kelok 9.

Wajar saja jika bangunan ini semakin kokoh, serta di tahun 2013 lalu telah diresmikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono selaku Presiden pada masa itu.

4. Spot Foto Kelok 9

Perlu Anda ketahui bahwa di Kelok 9 memang disediakan spot atau lokasi untuk ber-swafoto dengan latar belakang pondasi jembatan yang gagah berdiri. Selain itu, Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang lain seperti hiasan bunga taman yang berbentuk “cinta” serta pagar sungai yang mengalir deras yang disediakan di kawasan tersebut.

Jika Anda sudah puas berswafoto di bawah jembatan, maka Anda juga bisa mulai naik dan melintas di kelokan tajam hingga menuju atas bukit. Adapun di lokasi Kelok 9 ini terdapat warung-warung yang berjejer di tepian pagar jembatan.


Ikon wisata Sumatera Barat ini memang sangat hits dan populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Wajar saja jika setiap tahunnya, jalan ini tak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan Kelok 9 seringkali menjadi jalan utama untuk melintas antar dua provinsi.

Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Comment